Kenali dan Cegah Penyakit Katup Jantung

Atari Press –┬áJantung memiliki empat katup yang biasanya terbuka ketika darah mengalir melalui ruang jantung atau keluar dari ruang jantung dan menutup untuk mencegah aliran yang tidak diinginkan. Namun terkadang katup jantung tidak berfungsi dengan baik. Beberapa kondisi yang dapat terjadi jika katup tidak berfungsi dengan baik adalah: (1) regurgitasi, saat katup bocor sehingga aliran darah tidak mengalir dengan baik; (2) Stenosis, saat katup tidak terbuka sepenuhnya, sehingga menghalangi aliran darah; (3) Jatuh, saat daun klep bengkok saat ditutup, yang terkadang menyebabkan penutupan tidak tuntas

Gejala kelainan katup jantung bisa terjadi secara tiba-tiba

Gangguan pada katup jantung dapat terjadi saat lahir atau disebabkan oleh infeksi, serangan jantung, kelainan struktur jantung atau trauma. Gejala bisa muncul tiba-tiba atau lambat, tergantung seberapa cepat penyakit katup jantung berkembang. Tingkat keparahan gejala terkadang tidak terkait dengan tingkat keparahan gangguan katup. Gejala yang umum meliputi: sesak napas, terutama saat beraktivitas, kaki bengkak, jantung berdebar, kelelahan, nyeri dada, pusing atau pingsan (katup menyempit). Tanda terpenting dari penyakit katup jantung adalah murmur jantung yang tidak biasa saat didengar dengan dr laser, yang juga dikenal sebagai murmur jantung. Tes tambahan yang biasanya diperlukan adalah elektrokardiogram (EKG), rontgen dada, dan ekokardiografi.

Demam rematik bisa menyerang jantung

Di Indonesia, penyakit katup jantung lebih banyak disebabkan oleh penyakit jantung rematik. Penyakit jantung rematik terjadi akibat efek demam rematik yang disebabkan oleh infeksi grup A dengan bakteri Streptococcus beta Hemolytic: bakteri ini menyerang tenggorokan, terutama pada anak-anak. Setelah infeksi tenggorokan terjadi, respon imun tubuh mengikuti sehingga sistem imun menyerang katup jantung yang merupakan antigen seperti bakteri. Demam rematik dapat mempengaruhi jantung, persendian, otak dan kulit. Demam rematik muncul satu sampai enam minggu setelah terinfeksi bakteri, antara lain: demam, nyeri sendi yang bergerak, bengkak pada persendian, kulit merah, gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi dengan baik, sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar-debat. Pengobatan demam rematik terdiri dari antibiotik dan obat anti inflamasi yang harus dilakukan cukup lama untuk mencegah penyakit jantung rematik.

Kelainan pada katup jantung dapat menyebabkan gagal jantung

Jika pasien mengalami penyakit jantung rematik, kerusakan pada katup jantung bersifat permanen. Kerusakan bisa berupa stenosis katup atau regurgitasi. Katup yang paling sering terkena penyakit jantung rematik adalah katup mitral, yaitu katup yang membatasi ruang antara atrium dan ventrikel kiri. Jika kelainan katup bisa bertahan selama bertahun-tahun, bisa terjadi gagal jantung, gangguan irama jantung atau stroke. Penatalaksanaan penyakit jantung rematik meliputi: (1) pengobatan yang berfungsi mengobati gejala gagal jantung, gangguan irama jantung, dan mencegah tromboemboli penyebab stroke; (2) Antibiotik yang menyebabkan penyakit jantung rematik yang dapat disuntikkan setiap bulan atau diminum setiap hari untuk periode tahunan atau seumur hidup; (3) Operasi penggantian atau perbaikan katup jantung.

Cegah penyakit jantung rematik dengan pola hidup sehat

Penyakit jantung rematik dapat dicegah dengan menjaga kebersihan, pola makan seimbang, pola hidup sehat dan pengobatan demam rematik secara lengkap. Jangan abaikan infeksi tenggorokan; segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab infeksi tenggorokan dan ikuti aturan minum obat yang diberikan.

Untuk penyakit katup jantung secara keseluruhan, deteksi dini akan memberikan hasil yang baik untuk pengobatannya. Jika terdapat tanda dan gejala penyakit katup jantung seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kardiovaskular untuk mendapatkan pemeriksaan tambahan yang mendukung diagnosis. Lakukan pemeriksaan jantung untuk mengurangi kejadian penyakit jantung atau untuk mengobati pengobatan jantung koroner dan stroke.