Bersepeda Merupakan Solusi Untuk Meninggikan Badan

Bersepeda Merupakan Solusi Untuk Meninggikan Badan

Atari Press –┬áBersepeda merupakan salah satu kegiatan yang digemari segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Menikmati pemandangan sekitar dengan bersepeda memang cukup menyenangkan. Banyak orang menggunakan waktu luangnya untuk bersepeda. Bahkan ada yang mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi. Misalnya anak bersekolah atau pekerja yang ingin berangkat ke kantor. Dengan bersepeda, otomatis tubuh akan bergerak aktif. Artinya bersepeda memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang aktif merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga kesehatan. Bersepeda secara rutin setiap hari selama minimal 30 menit akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Di sisi lain, bersepeda juga berdampak baik bagi lingkungan. Alasannya, sepeda tidak mencemari udara dengan polusi.

Manfaat bersepeda juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti obesitas, jantung, kanker, diabetes dan gangguan jiwa. Berikut manfaat bersepeda sehari-hari yang harus Anda ketahui.

1. Manfaat bersepeda sehari-hari: menjaga berat badan ideal dan mengangkat tubuh

Prinsipnya, semua aktivitas olahraga bisa menjaga berat badan ideal. Namun, jika Anda bersepeda setiap hari, dijamin berat badan Anda akan tetap ideal. Bersepeda dapat memicu kinerja kardiovaskular dan otot yang optimal. Aktivitas ini juga akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori. Membakar kalori merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal Anda. Namun, Anda perlu membiasakan bersepeda dengan pola makan bergizi seimbang. Ini berguna untuk mencegah dan memprediksi obesitas.

Jika Anda bersepeda secara teratur setiap hari, Anda secara otomatis akan menurunkan berat badan dan mencapai niat makan Anda. Tidak hanya itu, kulit Anda juga akan memperkuat dan menguatkan otot kaki Anda. Bersepeda adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan metabolisme, membangun massa otot, dan membakar lemak tubuh.

Jumlah kalori yang Anda bakar saat bersepeda akan bergantung pada durasi dan jarak tempuh Anda saat bersepeda. Kegiatan ini juga diduga dapat mengangkat tubuh. Bersepeda adalah olahraga aerobik yang dapat membakar kalori. Olahraga ini juga dapat mengembangkan otot dengan sempurna. Dengan bersepeda teratur, Anda dapat memanjangkan otot dan memperbaiki postur tubuh. Anda akan terlihat lebih ramping dan pada akhirnya Anda akan terlihat lebih tinggi.

2. Keuntungan bersepeda sehari-hari: Mencegah penyakit kronis

Bersepeda akan berdampak baik bagi kesehatan. Kegiatan ini dinilai mampu mencegah penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan diabetes. Bersepeda secara teratur menstimulasi dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Aktivitas ini diduga dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Sebuah penelitian di Denmark menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara teratur akan terlindungi dari penyakit jantung saat usianya tidak muda lagi. Manfaat lain yang bisa dipetik dari bersepeda adalah pengurangan risiko kanker. Padahal, penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru. Bersepeda secara teratur juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan payudara.

Bersepeda merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko diabetes. Melakukan aktivitas ini selama lebih dari 30 menit sehari akan mencegah risiko terkena diabetes.

3. Manfaat bersepeda sehari-hari: Mengurangi insomnia

Bersepeda merupakan salah satu solusi bagi Anda yang sering menderita insomnia atau sulit tidur. Anda mungkin ingin mencoba bersepeda selama 20-30 menit sehari untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Cara terbaik adalah bersepeda di pagi hari saat matahari tidak terik. Ini bertujuan untuk menyehatkan paru-paru saat menghirup udara segar.

Dengan adanya olahraga sepeda juga bisa meningkatkan kekeluargaan dengan cara bikin jersey sepeda.

Kenali dan Cegah Penyakit Katup Jantung

Kenali dan Cegah Penyakit Katup Jantung

Atari Press –┬áJantung memiliki empat katup yang biasanya terbuka ketika darah mengalir melalui ruang jantung atau keluar dari ruang jantung dan menutup untuk mencegah aliran yang tidak diinginkan. Namun terkadang katup jantung tidak berfungsi dengan baik. Beberapa kondisi yang dapat terjadi jika katup tidak berfungsi dengan baik adalah: (1) regurgitasi, saat katup bocor sehingga aliran darah tidak mengalir dengan baik; (2) Stenosis, saat katup tidak terbuka sepenuhnya, sehingga menghalangi aliran darah; (3) Jatuh, saat daun klep bengkok saat ditutup, yang terkadang menyebabkan penutupan tidak tuntas

Gejala kelainan katup jantung bisa terjadi secara tiba-tiba

Gangguan pada katup jantung dapat terjadi saat lahir atau disebabkan oleh infeksi, serangan jantung, kelainan struktur jantung atau trauma. Gejala bisa muncul tiba-tiba atau lambat, tergantung seberapa cepat penyakit katup jantung berkembang. Tingkat keparahan gejala terkadang tidak terkait dengan tingkat keparahan gangguan katup. Gejala yang umum meliputi: sesak napas, terutama saat beraktivitas, kaki bengkak, jantung berdebar, kelelahan, nyeri dada, pusing atau pingsan (katup menyempit). Tanda terpenting dari penyakit katup jantung adalah murmur jantung yang tidak biasa saat didengar dengan dr laser, yang juga dikenal sebagai murmur jantung. Tes tambahan yang biasanya diperlukan adalah elektrokardiogram (EKG), rontgen dada, dan ekokardiografi.

Demam rematik bisa menyerang jantung

Di Indonesia, penyakit katup jantung lebih banyak disebabkan oleh penyakit jantung rematik. Penyakit jantung rematik terjadi akibat efek demam rematik yang disebabkan oleh infeksi grup A dengan bakteri Streptococcus beta Hemolytic: bakteri ini menyerang tenggorokan, terutama pada anak-anak. Setelah infeksi tenggorokan terjadi, respon imun tubuh mengikuti sehingga sistem imun menyerang katup jantung yang merupakan antigen seperti bakteri. Demam rematik dapat mempengaruhi jantung, persendian, otak dan kulit. Demam rematik muncul satu sampai enam minggu setelah terinfeksi bakteri, antara lain: demam, nyeri sendi yang bergerak, bengkak pada persendian, kulit merah, gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi dengan baik, sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar-debat. Pengobatan demam rematik terdiri dari antibiotik dan obat anti inflamasi yang harus dilakukan cukup lama untuk mencegah penyakit jantung rematik.

Kelainan pada katup jantung dapat menyebabkan gagal jantung

Jika pasien mengalami penyakit jantung rematik, kerusakan pada katup jantung bersifat permanen. Kerusakan bisa berupa stenosis katup atau regurgitasi. Katup yang paling sering terkena penyakit jantung rematik adalah katup mitral, yaitu katup yang membatasi ruang antara atrium dan ventrikel kiri. Jika kelainan katup bisa bertahan selama bertahun-tahun, bisa terjadi gagal jantung, gangguan irama jantung atau stroke. Penatalaksanaan penyakit jantung rematik meliputi: (1) pengobatan yang berfungsi mengobati gejala gagal jantung, gangguan irama jantung, dan mencegah tromboemboli penyebab stroke; (2) Antibiotik yang menyebabkan penyakit jantung rematik yang dapat disuntikkan setiap bulan atau diminum setiap hari untuk periode tahunan atau seumur hidup; (3) Operasi penggantian atau perbaikan katup jantung.

Cegah penyakit jantung rematik dengan pola hidup sehat

Penyakit jantung rematik dapat dicegah dengan menjaga kebersihan, pola makan seimbang, pola hidup sehat dan pengobatan demam rematik secara lengkap. Jangan abaikan infeksi tenggorokan; segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab infeksi tenggorokan dan ikuti aturan minum obat yang diberikan.

Untuk penyakit katup jantung secara keseluruhan, deteksi dini akan memberikan hasil yang baik untuk pengobatannya. Jika terdapat tanda dan gejala penyakit katup jantung seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kardiovaskular untuk mendapatkan pemeriksaan tambahan yang mendukung diagnosis. Lakukan pemeriksaan jantung untuk mengurangi kejadian penyakit jantung atau untuk mengobati pengobatan jantung koroner dan stroke.